JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menko Airlangga Ajak Calon Investor Berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus

Airlangga Hartarto / Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengajak para calon investor untuk menanamkan investasinya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Hal itu diungkapkan oleh Menko Airlangga dalam sambutannya secara virtual pada acara Forum Bisnis mengenai Kawasan Ekonomi Khusus di Paviliun Indonesia Dubai Expo.

Forum Bisnis tersebut diselenggarakan mulai 7 November hingga 11 November 2021.

Melaui rilisnya ke Joglosemarnews, Menko Airlangga menjelaskan, kebijakan penetapan KEK hingga kini masih jadi andalan Pemerintah guna mendistribusikan pertumbuhan ekonomi secara merata di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Penyerangan KKB di Papua, Seorang TNI Tewas, 2 Terluka Dievakuasi dengan Helikopter

Selain itu, KEK juga bertujuan meningkatkan nilai investasi di daerah, mengoptimalkan kegiatan industri termasuk aktivitas ekspor dan impor, serta mempercepat pembangunan dan pemerataan kesempatan kerja.

Keberadaan KEK di Indonesia juga menawarkan berbagai fasilitas bagi penanaman modal, berupa insentif fiskal seperti tax holiday dan tax allowance, serta insentif nonfiskal seperti layanan one-stop services menggunakan Online Single Submission (OSS) untuk perijinan dan pendaftaran usaha, peraturan keimigrasian, ketenagakerjaan, dan pengelolaan lahan.

Baca Juga :  AMK Jateng Tolak Wacana Pembubaran MUI. Sebut Pengusulnya Tak Paham Sejarah

Sampai dengan tahun 2021, telah ditetapkan 19 KEK di seluruh Indonesia, yang bergerak di sektor industri manufaktur, pariwisata, hingga ekonomi kreatif.

“Lebih dari itu, KEK secara otomatis juga akan menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN), karenanya akan masuk sebagai prioritas untuk dikembangkan,” ujar Menko Airlangga.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua