JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Ruang Publik Ber-Pancasila Diharapkan Tak Bertentangan dengan Nilai-nilai Agama

Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Memperingati Hari Pahlawan 2021, Pusat Studi Pengamalan Pancasila (PSPP) UNS Surakarta menggelar acara webinar nasional Menjadi Patriot Pancasila di Era Global-Milenial, Sabtu (13/11/2021).

Hadir menjadi pembicara Dr Sarbini, M.Ag (Dosen UIN Raden Mas Said Surakarta), Dr Winarno, SPd MSi (Kepala Prodi PPKn FKIP UNS) dan Dr Mibtadin, SFilI, MSI (Peneliti Pusat Studi Pengamalan Pancasila, UNS).

Baca Juga :  Mahasiswa FEB UNS Ajak Ibu-ibu PKK Desa Gondosuli Tawangmangu Bikin Olahan Wortel

Bertindak selaku moderator Dr H Purwanta, MA (Peneliti PSPP UNS), dan webinar tersebut dibuka langsung oleh Prof Dr Leo Agung S MPd selaku Kepala PSPP UNS Surakarta.

Dalam paparannya, Dr Sarbini, Mag, selaku akademisi UIN Raden Mas Said Surakarta menilai, perbedaan pemahaman antara beragama di ruang publik dan beriman di ruang privat, sering menjadi benturan terhadap Pancasila.

Baca Juga :  Antusiasnya Guru-guru SMPN  8 Surakarta Ikuti Lomba Baca Puisi

Sehingga, keberagaman di ruang publik harus mengutamakan kehidupan bersama, karena arena kehidupan tidak bisa dilakukan dengan sendiri.

“Karenanya, ruang publik ber-Pancasila tentu harus menjadi ruang publik yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai agama karena ini merupakan ruang bersama-sama dari berbagai agama yang hidup dalam kesetaraan,” paparnya, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua