JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Sebanyak 25 Anggota KKB Yapen Papua Resmi Kembali ke NKRI

Foto ilustrasi, sejumlah senjata milik kaum separatis disita TNI / liputan6
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Setelah bertahun-tahun melakukan upaya-upaya untuk melepaskan dari dari Indonesia , akhirnya sebanyak 25 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Yapen Kepulauan, Papua, kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ke-25 anggota KKB tersebut mengucap ikrar setia dan mencium bendera Merah Putih di Kampung Ambaidiru Distrik Kosiwo, Kabupaten Yapen Papua. Acara itu berlangsung khidmat.

Dalam momentum tersebut, mereka didampingi oleh tokoh adat Kampung Ambaidiru, Simon Rawai serta Kepala Kampung Ambaidiru Yohan Karubaba saat menyerahkan diri ke NKRI.

Salah satu mantan KKB Kampung Ambaidiru, J Karubaba menyampaikan terima kasih kepada para pihak yang telah bersedia menerima kembali kelompoknya ke NKRI.

“Kami mau kembali dan bersatu ke NKRI, terima kasih atas kepedulian yang diberikan dan menyambut kami dengan baik serta memberikan kami lapangan pekerjaan yang layak,” kata J Karubaba, Rabu (22/12/2021).

Baca Juga :  Pertemuan Prabowo-Surya Paloh Sinyal Hak Angket Bakal Layu Sebelum Berkembang

Hadir pula dalam kegiatan itu di antaranya Kapolres Yapen AKBP Ferdiyan Indra Fahmi, Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Catur Prasetiyo Nugroho, Asisten II Sekda Kabupaten Yapen Kepulauan Edi Niko Mudumi dan Kakesbangpol Sony Woria.

Kapolres Yapen AKBP Ferdiyan Indra Fahmi mengatakan, atas nama pribadi dan seluruh personel Polres Kepulauan Yapen, Kodim 1709/Yawa dan Pemkab Yapen menyambut baik upaya nyata dari semua pihak untuk hadir menyerahkan diri dan menyatakan kesetiaan kembali bersama untuk membangun daerah bersama Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ferdiyan menegaskan, tidak ada lagi perjuangan-perjuangan yang sifatnya mengangkat senjata mengatasnamakan Papua Merdeka.

“Kami semua hadir bukan sebagai musuh, melainkan bersama-sama berdampingan dengan seluruh masyarakat untuk memajukan Kabupaten Kepulauan Yapen secara umum Papua dan secara luas Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Ferdiyan.

Baca Juga :  Prabowo Bertemu Surya Paloh di Nasdem Tower, Anies: Bukan Hal yang Luar Biasa

Dia pun mengucapkan banyak terima kasih dan menerima secara terbuka atas kesadaran bersama membangun NKRI.

Dia berkomitmen untuk membina dan mendampingi terus serta akan memberikan wawasan yang nanti akan kita jadwalkan secara berkesinambungan.

“Dari sisi pendampingan yaitu melatih keterampilan yang mengarah kepada pekerjaan atau mata pencaharian. Kami punya komitmen yang tinggi untuk membantu seluruh masyarakat di Kampung Ambaidiru serta akan mendapat atensi atau prioritas.Inilah langkah positif kami sebagai aparat keamanan di wilayah ini,”tegasnya.

Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Catur Prasetiyo Nugroho mengatakan keberadaan TNI dan Polri bukan untuk menakut-nakuti, semuanya ingin memajukan pembangunan yang ada di wilayah Kabupaten Kepupulauan Yapen.

“Sesuai dengan petunjuk Panglima TNI bahwa kita semua perlu menyadarkan saudara-saudara bahwa kita ini masih dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia,”kata Dandim. #liputan6

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com