JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

2022 Jadi Tahun untuk Mengejar Pencapaian Target Pertumbuhan Ekonomi

Airlangga Hartarto / Foto: istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Tahun 2022 merupakan tahun kunci dalam mengejar pencapaian target pertumbuhan ekonomi jangka menengah maupun jangka panjang.

Pasalnya, tahun ini menjadi titik awal pemulihan ekonomi pasca-pandemi, dan peningkatan daya saing perekonomian, yang sempat terkoreksi beberapa waktu lalu akibat pandemi Covid-19.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam acara Penandatangan Kontrak Paket Tender/Seleksi Dini Kementerian PUPR TA 2022 secara langsung, Senin (24/1/2022).

Baca Juga :  Ridwan Kamil Dukung Cita-cita Airlangga Jadi Capres 2024

Menko Airlangga menjelaskan, dalam upaya mencapai target pertumbuhan ekonomi tahun 2022 sebesar 5,2%, peran pembangunan infrastruktur sangat penting sebagai salah satu roda penggerak perekonomian nasional.

Selain itu, infrastruktur juga memiliki peran penting dalam mengungkit indeks persepsi dunia usaha terhadap penentuan lokasi investasi yang tepat, yang secara kuantitatif dituangkan dalam peringkat indeks kemudahan berusaha (EoDB).

Lebih lanjut, Menko Airlangga menjelaskan, khusus pada tahun 2022 yang menjadi tahun kunci, maka kualitas perencanaan, pelaksanaan pembangunan, serta operasi dan pemeliharaan infrastruktur harus selalu ditingkatkan.

Baca Juga :  Berhasil Sukseskan Mudik dan Jaga Stabilitas Harga Pangan, Menko Airlangga Beri Apresiasi untuk TNI/Polri

“Tentunya agar tercipta ‘value for money’ dari proses penyediaan infrastruktur yang dilakukan,” paparnya.

Pembangunan infrastruktur tersebut diharapkan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Seperti dalam pemenuhan pelayanan kebutuhan dasar masyarakat, peningkatan akses konektivitas dan mobilitas, serta pemerataan dan penerapan infrastruktur teknologi dan komunikasi.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua