JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak dengan 4 Makanan Ini

Yogurt. Foto: pexels.com
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Memiliki anak yang sehat merupakan dambaan setiap orang tua. Untuk mewujudkan hal tersebut maka si anak perlu memeroleh dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh, penting untuk menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Asupan vitamin dan mineral pada anak menjadi komponen penting untuk mencapai kecukupan gizi guna menguatkan sistem kekebalan tubuh pada anak.

Sumber vitamin dan mineral bisa didapat dari sayuran dan buah-buahan yang memiliki kandungan antioksidan. Untuk tubuh, antioksidan berperan sebagai penangkal senyawa jahat dan meningkatkan imunitas tubuh pada anak. Dengan imunitas tubuh yang baik, maka bisa membantu anak terhindar dari risiko paparan virus dan berbagai macam penyakit.

Makanan untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Selain sayuran dan buah-buahan, Ada makanan lain yang juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak. Berikut 4 makanan yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Yoghurt

Melansir dari webmd.com, yoghurt mengandung probiotik yang dapat membantu tubuh melawan penyakit. Probiotik juga bisa merangsang sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi yoghurt memiliki risiko 19 persen lebih rendah terkena penyakit, seperti pilek, infeksi telinga, dan radang tenggorokan. Namun, pastikan jenis yoghurt yang dikonsumsi adalah jenis yoghurt rendah gula atau tanpa tambahan gula.

Kacang Almond

Dilansir dari superhealthykids.com, kacang almond mengandung vitamin E dan mangan, perpaduan yang ideal untuk tubuh dalam menambah kekebalan tubuh dan meningkatkan sel pembunuh alami. Untuk anak-anak, almond dapat disajikan secara langsung sebagai camilan. Akan tetapi, almond juga bisa dikonsumsi dengan cara yang berbeda, seperti sebagai campuran dalam makanan.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan makanan yang kaya akan vitamin A. Mengutip dari childrens.advil.com, bagi sistem kekebalan tubuh, vitamin A membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Vitamin A juga mendukung sistem tubuh lainnya, seperti penglihatan, pertumbuhan, dan perkembangan pada anak. Rasanya yang manis dan gurih membuat anak-anak menyukainya.

Buah Berry

Buah Berry memiliki beberapa jenis, seperti raspberry, blueberry, blackberry, stroberi, dan lain-lain. Dijelaskan dalam sportsengine.com, buah beri mengandung antioksidan yang bisa membantu menjaga kekebalan tubuh pada anak. Antioksidan dalam buah beri dapat melawan stres oksidatif sehingga menjaga tubuh anak untuk tetap fit.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com