JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kemenkes Sebut 7 dari 18 Pasien Diduga Hepatitis Akut Meninggal

ilustrasi pasien hepatitis .pexels

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan 7 dari 18 pasien yang diduga terjangkit hepatitis akut, meninggal. Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Syahril, Sabtu (14/5/2022).

“Sebanyak 7 dari 18 pasien diduga hepatitis akut dinyatakan meninggal, namun saat ini masih belum dipastikan apakah meninggal karena penyakit hepatitis akut atau ada faktor lainnya,” kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan sekaligus Direktur Utama RS Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Syahril dalam keterangannya, Sabtu, (14/5/2022).

Baca Juga :  Kemenkes: Hepatitis Akut Tak Berhubungan dengan Vaksinasi Covid-19

Kemenkes melaporkan telah menemukan 18 dugaan kasus hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya. Para pasien itu tersebar di Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Kalimantan Timur. “Paling banyak di DKI Jakarta dengan 12 kasus,” ujar Syahril.

Menurut data Kementerian Kesehatan, Dari 18 kasus tersebut sebanyak 9 kasus masuk status pending classification, 7 discarded, 1 dalam proses verifikasi dan 1 probable. Lalu 7 kasus discarded terdiri dari 1 orang positif Hepatitis A, 1 orang positif Hepatitis B, 1 orang positif Tifoid, 2 orang demam berdarah dengue, 2 lainnya berusia lebih dari 16 tahun.

Baca Juga :  Bareskrim Polri Sita Rp 1,5 Miliar dari Tiga 3 Klub MU, Persija dan Bhayangkara FC. Diduga Berasal dari Sponsor Viral Blast

Selain itu, dari hasil investigasi kontak tidak ditemukan adanya penularan langsung dari manusia ke manusia.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua