JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini Kiat Buang Racun dari Tubuh Secara Alamiah dan Murah

ilustrasi / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, atau detoksifikasi, seseorang tidak perlu harus menggunakan supleman atau obat tertentu yang berbiaya mahal.

Pasalnya, tubuh secara alamiah sudah memiliki sistem yang dapat melakukan detoksifikasi, atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Sebagian orang percaya, minum suplemen atau melakukan diet tertentu dapat mendetoksifikasi tubuh. Akan tetapi, sebenarnya tubuh dengan ginjal, hati, sistem pencernaan, kulit, serta paru-paru juga bisa melakukan fungsi ini.

Tentu saja dengan catatan, jika organ dari sistem detoksifikasi itu dalam keadaan sehat sehingga bisa bekerja dengan optimal.

Cara terbaik untuk mendetoks tubuh secara alami adalah dengan mengoptimalkan sistem detoksifikasi alami yang ada dalam tubuh. Berikut caranya menurut Healthline dan Medicalnewstoday yang dikutip dari tempo.co.

 

Baca Juga :  Warna Madu Berbeda-beda, Apa Rasa dan Khasiatnya Tetap Sama?

Batasi alkohol

Hati merupakan organ yang memetabolisme lebih dari 90 persen alkohol yang masuk ke dalam tubuh. Meminum alkohol secara berlebihan dapat menggangu fungsi hati dengan menimbulkan peradangan, penumpukan lemak, juga jaringan parut dalam hati. Membatasi alkohol adalah cara yang baik untuk memelihara kesehatan hati sebagai salah satu organ dalam sistem detoksifikasi tubuh.

 

Meningkatkan kualitas tidur

Tidur adalah cara otak untuk mereset ulang dengan sendirinya. Selain itu, saat tidur otak juga mengeluarkan limbah yang menumpuk selama manusia terjaga. Salah satu limbah yang dikeluarkan oleh otak saat tidur adalah protein beta-amiloid yang berkaitan dengan penyakit Alzheimer. Ketika kurang tidur, otak tidak akan memiliki waktu yang cukup untuk mengeluarkan limbah atau racun. Hal itu kemudian membuat penumpukan racun yang dapat mempengaruhi kesehatan. Ini sebabnya mengapa kurang tidur bisa menyebabkan gangguan kecemasan, stres, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes tipe 2, juga obesitas. Manusia butuh setidaknya 7-9 jam tidur.

Baca Juga :  Enak dan Menyegarkan, Ini Sederet Manfaat Air Kelapa: Salah Satunya Tingkatkan Kesehatan Ginjal

 

Cukup minum air putih

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com