JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Ini Tips Merawat Baju Batik Mahal Agar Tetap Awet, Tak Luntur dan Selalu Tampak Kinclong!

Penampilan istri Panglima TNI Jendral TNI Andika Perkasa, Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono atau yang akrab disapa Hetty Andika Perkasa saat melihat-lihat koleksi batik di Gerai Batik Windasari saat mendampingi Ibu Negara Iriana Jokowi dan istri para menteri kunjungan di sentra batik Desa Kliwonan, Masaran, Sragen, Kamis (22/9/2022). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWA.COM- Kunjungan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, istri Wapres dan para istri menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di sentra batik tulis Desa Kliwonan, Kecamatan Masaran, Sragen, Kamis (22/9/2022) benar-benar membawa berkah dadakan bagi para perajin.

Tak hanya itu, kunjungan Ibu Negara dan para istri menteri itu juga membuka cerita soal batik-batik berharga fantastis yang diborong oleh mereka.

Seperti di Sentra Batik Sadewa, Desa Kliwonan, Masaran. Di batik milik pengusaha batik, Nugroho itu transaksi pembelian dari istri-istri para menteri, sangat mencengangkan.

Baca Juga :  Jadi BUMDes Terkaya, Ini Kunci Sukses Pengelolaan BUMdes Kaliwedi Sragen (Bag 2)

Bahkan ada istri salah satu menteri yang membeli batik dengan nominal sangat mahal. Yakni satu lembar batik tulis seharga Rp 15 juta.

“Tadi yang paling mahal Rp 15 juta satu lembar kain batik tulis. Tapi enggak hafal nama Bu Menteri yang beli,” papar Nugroho, sang pemilik Batik Sadewa saat berbincang dengan JOGLOSEMARNEWS.COM seusai pameran.

Nah, tak hanya menjual batik papan atas berharga fantastis, Nugroho juga sempat membeberkan tips menjaga dan merawat kain batik mahal agar tetap awet.

Baca Juga :  Mantan Walkot Blitar Samanhudi Anwar Diciduk Polisi, Diduga Terlibat Perampokan di Rumdin Wali Kota Blitar: Aksi Perampokan Disebut Direncanakan dari Lapas Sragen 
Stan batik tulis Sadewa yang sempat diborong istri-istri menteri dalam kunjungan bersama Ibu Negara Iriana Jokowi di desa batik Kliwonan, Masaran, Sragen, Kamis (22/9/2022). Foto/Wardoyo

Ia menyebut kain batik tulis yang ia produksi dan sejumlah perajin di Kliwonan memang memiliki beberapa keistimewaan.

“Kain batik di sini dari bahan katun yang dingin ketika dipakai. Istimewanya lagi batiknya halus karena pembatikan dua sisi. Pengerjaan lama. Bisa sampai 6 bulan. Itulah mengapa harganya memang mahal,” urainya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com