JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Erupsi Semeru Terjadi Terus Menerus, Hingga Status Dinaikkan Jadi Awas! Awan Panas Guguran Capai 13 Km

Awan panas guguran gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur mulai melibas Jembatan Gladak Perak / facebook Thoriqul Haq via tempo.co

JAKARTA, JOLOSEMARNEWS.COM – Erupsi yang terjadi terus menerus di Gunung Semeru, memaksa Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Semeru dari Siaga menjadi Awas atau dari Level III menjadi Level IV.

Sebagaimana diketahui, Gunung Semeru masih terus erupsi yang disertai awan panas sejak Minggu dinihari sampai sore, 4 Desember 2022.

Baca Juga :  Makin Akrab dengan Zulhas, Erick Thohir Bakal Berlabuh ke PAN?

“Pada 4 Desember 2022 erupsi yang disertai Awan Panas Guguran masih berlangsung menerus, dengan tinggi kolom erupsi tidak teramati,” bunyi keterangan Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Erupsi Gunung Semeru terpantau menghasilkan awan panas guguran dengan jarak 13 kilometer dari puncak, dan masih berlangsung hingga pukul 15 WIB. Arahnya ke sektor tenggara dan selatan dari puncak.

Baca Juga :  PAN Usulkan 3 Nama Ini ke KIB untuk Capres-Cawapres 2024

“Lahar dingin maupun lahar panas dapat terjadi di sepanjang aliran sungai yang berhulu di daerah puncak, khususnya sepanjang aliran sungai,” kata Badan Geologi.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com