loading...
Loading...
Ilustrasi Pilkada

KARANGANYAR– Panwaslu Kabupaten Karanganyar menyiagakan ratusan personil dan relawan demokrasi untuk mengawasi pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar.

Ketua Pengawas Pemilu Kabupaten Karanganyar, Kustawa Esye, dalam rilisnya yang diterima, Selasa (09/01/2018),  menjelaskan, ratusan personil yang disiagakan tadi diantaranya terdiri Komisioner Pengawas Pemilu beserta staf Kabupaten Karanganyar, Panwascam dan Relawan Demokrasi.

“Relawan Demokrasi yg kami libatkan, berasal dari berbagai kelompok masyarakat yang telah mendapatkan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif dan Bintek Pengawasan”, kata dia.

Baca Juga :  Menengok Keindahan Taman Jumog Karanganyar, Dulu Lingkungan Kumuh Kini Berubah Jadi Taman Warna Warni

Berkait fokus pengawasan dalam tahapan pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, Kustawa Esye menjelaskan, akan melakukan pengawasan secara langsung dan melekat.

Pengawasan tersebut dilakukan kepada penyelenggara Pemilukada, KPU dalam memfasilitasi pendaftaran, penyediaan desk pencalonan dan layanan yang diberikan kepada Bakal Calon yg mendaftar.

Baca Juga :  12 Peserta Diplomat Success Challenge X akan Bertarung di De Tjolomadoe dalam Final Day

Sedangkan pengawasan langsung dan melekat kepada Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, diantaranya meliputi pemanfaatan fasilitas daerah, penyalahgunaan wewenang dan anggaran, serta mobilisasi ASN.

“Termasuk juga penggunaan metode publikasi, dalam proses pendaftaran. Baik melalui media cetak, elektronik maupun media sosial”, tegas Kustawa Esye.

Pelaksanaan pengawasan langsung dan melekat, dalam tahapan pendaftaran ini, lanjut Kustawa, sebagai upaya  pencegahan terhadap berbagai potensi pelanggaran yang terjadi.

Baca Juga :  Info Pengumuman Rekrutmen CPNS Kabupaten Karanganyar 2019 Sudah Diumumkan Mulai Hari Ini. Pendaftaran Mulai Besok, Simak Jadwal, Persyaratan dan Tahapannya! 

Selain itu juga sebagai Pengawas Pemilu Kabupaten Karanganyar,  dalam melaksanakan pengawasan serta penindakan, jika pelanggaran ternyata tetap dilakukan.

Sebelumnya, Sekda Karanganyar, Samsi, mengingatkan kepada seluruh ASN  Pemkab Karanganyar untuk tetap menjaga netralitas.

“Kami selalu menekankan soal netralitas ASN ini. Jangan sampai berpihak kepada pasangan manapun. Gunakan saja hak politik sebagaimana mestinya, dan jangan berpolitik ,” ujarnya. Wardoyo

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.