JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ini Rincian Dana Awal Kampanye Parpol Pemilu 2019, PDIP Paling Besar 

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 2019, pimpinan partai politik peserta pemilu 2019, dan perwakilan anggota DPD DKI Jakarta membacakan ikrar Kampanye Damai Pemilu Serentak 2019 di halaman tugu Monumen Nasional, Jakarta, 23 September 2018. tempo.co
Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 2019, pimpinan partai politik peserta pemilu 2019, dan perwakilan anggota DPD DKI Jakarta membacakan ikrar Kampanye Damai Pemilu Serentak 2019 di halaman tugu Monumen Nasional, Jakarta, 23 September 2018. tempo.co

JAKARTA – KPU mewajibkan kepada seluruh partai politik peserta pemilu 2019 dan para pasangan calon presiden dan wakil presiden 2019 untuk menyerahkan laporan awal dana kampanye (LADK). Bertempat di gedung KPU, Jakarta, seluruh partai politik dan dua pasang calon presiden dan wakil presiden telah menyerahkan laporannya, kemarin Minggu (23/9/2018).

Seluruh partai politik peserta pemilu 2019 dan para pasangan calon presiden dan wakil presiden 2019 telah menyerahkan laporan awal dana kampanye (LADK) kemarin, minggu (23/9/2018). Penyerahan LADK diwajibkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Sebagaimana diketahui, sampai jam 18.00, 16 partai politik peserta Pemilu 2019 semuanya sudah menyerahkan laporan dana awal kampanye, begitu juga pasangan calon Presiden,” kata komisioner KPU, Hasyim Asyari di kantornya, malam tadi, Minggu (23/9/2018).

Hasyim mengatakan sampai saat ini KPU belum bisa menyampaikan besaran dana kampanye yang diserahkan oleh para peserta pemilu ini. “Sesuai undang-undang, KPU mengumumkan besaran dana kampanye itu nanti setelah perbaikan dana kampanye, yaitu 28 september 2018,” ujarnya.

Namun sejumlah pengurus partai politik dan tim sukses pasangan calon presiden dan wakil presiden yang datang ke KPU bersedia berbagi data soal laporan awal dana kampanye mereka. Berikut dana awal kampanye para peserta pemilu 2019.

1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
Wakil Bendahara Umum DPP PKB Bambang Susanto mengatakan dana awal kampanye pihaknya Rp 15 miliar. Angka ini berasal dari iuran anggota dan calon anggota legislatif PKB.

2. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
Bendahara Umum Partai Gerindra Thomas Ddjiwandono mengatakan dana awal kampanye pihaknya Rp 75,3 miliar. Angka ini berasal dari dana yang dikumpulkan 575 calon anggota DPR senilai Rp 73 miliar dan sisanya dari kas partai.

Baca Juga :  Irfan Hakim Menjual Berapa Nama Hakim MA, Bikin Joko Tjandra Tergiur Menyuap

3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey menyebut dana awal kampanye pihaknya sekitar Rp 105 miliar. Angka ini berasal dari uang 569 caleg sebesar Rp 103 miliar dan kas partai 2,3 miliar.

4. Partai Golkar
Pengurus partai pimpinan Airlangga Hartarto ini enggan memberi keterangan pada media ihwal berapa dana awal kampanye mereka.

5. Partai Nasional Demokrat (NasDem)
Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Ali melaporkan dana awal kampanye pihaknya sekitar Rp 7 miliar. Ia menjelaskan yang tercatat di dalam rekening khusus dana kampanye sejumlah Rp 500 juta dan sisanya, Rp 7 miliar berbentuk barang

6. Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda)
Ketua DPP Garuda M. Faiz mengatakan dana awal kampanye pihaknya Rp 1 juta. Uang ini berasal dari kas partai.

7. Partai Berkarya
Bendahara Umum Partai Berkarya Neneng A. Tutty melaporkan dana kampanye awal pihaknya Rp 100 juta yang berasal dari kas partai

8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
Ketua Tim Laporan Dana Kampanye PKS, Unggul Wibawa, menyebut dana awal partainya sebesar Rp 17 miliar. Uang ini telah dikeluarkan Rp 5 miliar untuk pengadaan alat peraga kampanye, sehingga saldo akhir berjumlah Rp 12 miliar.

9. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
Wakil Sekretaris Jenderal Partai Perindo Muhammad Sopiyan mengatakan dana awal kampanye pihaknya Rp 1 juta. Kecilnya angka ini, kata dia, lantaran belum ada aktivitas kampanye dan KPU tidak menentukan jumlahnya.

10. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
Direktur Eksekutif Lajnah Pemenangan Pemilu PPP, M. Qoyum, menyebut dana awal kampanye pihaknya Rp 510 juta yang murni berasal dari kas partai.

Baca Juga :  Para Tenaga Honorer Bakal Terima Bantuan Sosial dari Pemerintah

11. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
Sama seperti Golkar, PSI enggan membeberkan dana awal kampanyenya kepada media. Bendahara Umum PSI Suci Mayang Sari beralasan masih ada yang perlu direvisi

12. Partai Amanat Nasional (PAN)
Bendahara DPP PAN Nur Indah mengatakan dana awal kampanye pihaknya Rp 50 juta yang berasal dari kas partai. Namun ia menyebut PAN telah memiliki perangkat kampanye yang total nilainya mencapai Rp 17 miliar.

13. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
Wakil Bendahara Umum Hanura, Amelia, mengatakan dana awal kampanye pihaknya Rp 13 juta yang berasal dari kas partai. Menurut Amelia, besaran dana kampanye ini sengaja dibuat menyerupai nomor urut partainya, yaitu nomor 13.

14. Partai Demokrat
Wakil Bendahara Umum Partai Demokrat Eka Putra mengatakan dana awal kampanye pihaknya sejumlah Rp 839 juta. Angka ini berasal dari kas partai senilai Rp 300 juta dan sisanya dari 573 caleg DPR.

15. Partai Bulan Bintang (PBB)
Bendahara Umum PBB Arif Muhammad menyebut dana awal kampanye pihaknya Rp 15 miliar. Angka ini berasal dari kas partai sejumlah Rp 500 juta dan Rp 14 miliar dari 339 calon anggota legislatif. PBB menargetkan bisa mengumpulkan dana kampanye sebesar Rp 1 triliun demi lolos parliamentary threshold 4 persen.

16. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)
Kepala Departemen Sosial PKPI Aswin Reinaldo mengatakan dana kampanye partai ini adalah Rp 500 juta. Angka ini berasal dari uang 177 calon anggota legislatif senilai Rp 200 juta dan sisanya dari kas partai.

www.tempo.co