loading...

Triawati

SOLO– Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono, dan Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto  mengikuti kirab pusaka malam 1 Suro Keraton Kasunanan Surakarta (Keraton Solo) pada Selasa (11/9/2018) tengah malam.

Ditemui di lokasi sebelum kirab, Kapolda Jateng mengungkapkan antusias mengikuti kirab malam Suro.

“Saya ikut kirab di Mangkunegaran dan juga kirab di Keraton Solo untuk malam satu suro ini,” ujarnya.

Kirab dimulai pukul 24.00 WIB diawali dengan barisan tujuh kerbau keturunan Kyai Slamet. Kerbau-kerbau ini diarak sebagai cucuk lampah bagi rombongan kirab. Di belakangnya menyusul para abdi dalem yang identik dengan pakaian hitam dan tak lupa samir berwarna merah yang menjadi ciri khasnya.

Rombongan dilanjutkan dengan pusaka yang dikirab. Pusaka-pusaka keraton yang jumlahnya puluhan ini terdiri dari berbagai jenis. Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono, dan Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto ada di barisan pertama pembawa pusaka.

Untuk rute, rombongan kirab dimulai dari dalam  Keraton Solo, menuju Supit Urang, Gladag, lalu ke Jl Jenderal Sudirman. Selanjutnya, belok ke timur di Jl Mayor Kusmanto, belok ke selatan di Jl Kapten Mulyadi. Lalu, ke barat di Jl Veteran, sampai di Perempatan Gemblegan belok ke utara Jl Yos Sudarso sampai Simpang Empat Nonongan kemudian belok ke timur di Jl Slamet Riyadi dan kembali ke Keraton Solo.

Loading...

Sementara itu, ribuan masyarakat memenuhi kawasan Kori Kamandungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan sepanjang jalur kirab, mulai dari orang tua hingga anak-anak berjejal menyaksikan kirab Malam 1 Suro Keraton Solo tahun ini.

Di sisi lain, Polresta Solo mengerahka seribuan personel gabungan untuk mengamankan kirab. Personel pengamanan terdiri dari personel Polresta Surakarta , Polres jajaran Solo Raya, Brimob Polda Jateng, ditambah puluhan  Satpol PP. Kapolresta Surakarta Kombes Ribut Hari Wibowo, mengatakan  kirab pusaka malam ini terpantau aman dan tertib.

“Seluruh rangkaian acara kirap terpantau aman dan lancar,” ungkap Kapolresta Surakarta. Triawati PP

Loading...