loading...
Loading...
Para pengurus relawan Kayu Ijo Tangen berpose bersama Agus Fatchur Rahman seusai deklarasi Minggu (7/10/2018). Foto/Wardoyo

 

SRAGEN- Ratusan relawan dari petani di wilayah Ngrombo, Tangen yang tergabung dalam Relawan Kayu Ijo, menyatakan tekadnya untuk memenangkan mantan Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman dalam Pileg DPR RI 2019 mendatang. Mereka bahkan siap berjuang mendulang suara demi bisa mencetak sejarah mengantar Agus sebagai putra Sragen pertama yang menjadi anggota DPR RI di Senayan.

Tekad itu dilontarkan dalam sebuah deklarasi dukungan yang digelar di rumah Hartoyo, di Dukuh Sidorejo, Ngrombo, Tangen, Minggu (7/10/2018). Puluhan pengurus dan sebagian anggota relawan Kayu Ijo hadir dalam deklarasi yang juga dihadiri Agus Fatchur Rahman tersebut.

Ketua Relawan Kayu Ijo, Hartoyo mengungkapkan relawan Kayu Ijo beranggotakan kalangan petani di wilayah Ngrombo dan sekitarnya. Saat ini ada 86 orang sebagai anggota tetap dan anggota total terus bertambah sekitat 300an orang.

Menurutnya dukungan untuk Agus di DPR RI berangkat dari hati nurani para anggota untuk memenangkan Agus dan mengantarnya menjadi anggota DPR RI.

“Kami dari komunitas petani dan rakyat biasa, memang ingin membantu Pak Agus agar bisa menjadi DPR RI. Kami melihat sosok beliau sebagai orang yang disiplin, tidak mau neko-neko dan benar-benar membela masyarakat kecil,” paparnya seusai deklarasi.

Menurutnya, dukungan untuk Agus juga didasari tingginya harapan warga untuk memiliki anggota DPR RI yang putra kelahiran Sragen. Sebab selama ini, belum pernah ada satu pun DPR RI yang berasal dari Sragen.

Baca Juga :  Ngeri, Detik-Detik Robohnya SMKN 1 Miri Sragen Timbun Belasan Siswa. Puluhan Siswa Histeris Lihat Jeritan Temannya Tertimbun Puing Bangunan 

“Kami memang merasakan sendiri ketika anggota DPR RI-nya bukan dari putra daerah, perhatian dan keberpihakan terhadap warga juga kurang. Ini yang dirasakan teman-teman dan warga sini. Semoga tekad teman-teman ini diridhai dan mengantar kemenangan Pak Agus jadi DPR RI,” terangnya.

Menurutnya deklarasi itu sebagai langkah awal. Selanjutnya pihaknya akan memperluas keberadaan relawan Kayu Ijo di enpat titik di wilayah Sragen Utara, salah satunya di Ngrombo Tangen dan Gesi.

Salah satu tokoh aktivis dan seniman Sragen, Sunarto dalam orasinya menyampaikan dia dan beberapa tokoh Sragen sebelumnya merupakan relawan partai merah. Namun sejak mengenal sosok Agus Fatchur Rahman, ia kemudian bersimpati dan merasakan nyaman menjadi relawan Golkar.

“Dari 11 kali Pemilu yang digelar di Indonesia, tidak ada tokoh Sragen yang jadi DPR RI. Maka dari itu, untuk menjunjung tinggi harkat dan martabat warga Sragen tidak ada jalan lain selain menjadikan tokoh Sragen menjadi DPR RI. Karenanya di Pemilu 17 April 2019, kita harus pilih wakil kita di DPR RI dari putra daerah yaitu Agus Fatchur Rahman. Pengalaman beliau pernah menjadi DPRD, Wakil Bupati dan Bupati Sragen tidak diragukan lagi, itu jadi modal utama untuk bisa memperjuangkan aspirasi warga Sragen di DPR RI nanti,” ujarnya.

Baca Juga :  Warga Kandangsapi Jenar Geruduk Inspektorat Sragen Laporkan Dugaan Penyimpangan Mantan Kades. Diduga Sewakan Tanah Kas Desa Sampai 2024 Tanpa Lelang
Agus Fatchur Rahman saat memberikan sambutan dalam deklarasi relawan Kayu Ijo di Ngrombo, Tangen. Foto/Wardoyo

Sementara, Agus Fatchur Rahman mengapresiasi positif dukungan relawan Kayu Ijo Tangen dan menjadi relawan pertama yang mendeklarasikan dukungan untuknya. Menurutnya hal itu sebuah inisiatif yang perlu didorong dengan baik untuk membangkitkan kesadaran warga Sragen agar bisa berjuang bersama mencetak sejarah memiliki anggota DPR RI asli Sragen.

“Ini sesuatu yang positif karena muncul secara alamiah. Dan saya yakin ini akan mendorong munculnya relawan dan komunitas lain. Karena sejak Pemilu 1971, kursi DPR RI Dapil IV hanya diisi orang luar Sragen. Dengan ada anggota DPR RI asal Sragen tentu akan lebih gampang memperjuangkan aspirasi warga dan tanah kelahiran Sragen. Saya kira itu alamiah, semua orang pasti akan lebih memprioritaskan menyerap aspirasi masyarakat di tanah kelahirannya,” terangnya.

Ketua DPD Golkar Sragen itu memandang dukungan relawan Kayu Ijo itu akan menjadi sesuatu yang positif mendorong keberhasilan menuju DPR RI. Kehadiran komunitas relawan akan menambah energi selain perjuangan barisan struktur partai dan silent partisipant yang saat ini juga terus bergerak.

“Semoga semangat ini bisa makin memudahkan harapan besar dan mimpi warga Sragen untuk bisa memecahkan telur, Sragen memiliki anggota DPR RI,” pungkas Agus yang akan maju DPR RI Dapil IV dengan nomor urut 2 itu. Wardoyo

Loading...