JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Hadapi Debat Pilpres, Tim Jokowi – Ma’ruf Telah Persiapkan Tiga Hal Ini untuk Hadapi Debat Pilpres 2019

Tes Kesehatan Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin Ditemani Anak Bungsunya. tempo.co
. tempo.co

JAKARTA – Menghadapi debat pemilihan Presiden 2019 Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo atau okowi – Ma’ruf Amin telah melakukan sejumlah persiapkan. Hal tersebut diungkapkan oleh
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo atau Jokowi – Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding, Minggu (30/12/2018)

Pertama, kata dia, TKN menyiapkan materi dan konten sebagai bahan referensi dan bacaan bagi Jokowi dan Ma’ruf. Terutama data atau informasi yang terkait tema debat. Menurut dia, bahan-bahan itu perlu untuk menyegarkan kembali ingatan pasangan calon.

Baca Juga :  Kampanye Tatap Muka di Pilkada 2020 Boleh, Tapi Maksimal 50 Orang

“Harus di-refresh ulang kepada Pak Jokowi dan Pak Kiai Ma’ruf,” kata Karding saat dihubungi  Minggu (30/12/2018).

TKN juga menyiapkan strategi untuk bisa menjawab secara efektif dalam waktu yang telah ditentukan. Menurut Karding, setiap kalimat harus tepat agar tidak membuang waktu karena ruang yang disediakan untuk menjawab pertanyaan moderator sangat terbatas.

Ketiga, kata Karding, timnya tengah membahas soal penguasaan panggung. Jokowi dan Ma’ruf diharapkan bisa tampil apa adanya, elegan, dan wajar. Menurut dia, dengan cara tersebut, pasangan yang didukungnya itu akan tampil memukau. “Pada prinsipnya tim kami mendorong mereka berdua tampil apa adanya saja,” kata politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca Juga :  Pasien Covid-19 Membeludak, DKI Gandeng 26 RS Swasta

Khusus untuk pesiapan Ma’ruf, kata Karding, timnya akan memberikan pendampingan dan dukungan, serta menjadi patner diskusi. Tujuannya untuk menyelaraskan pandangan menjelang debat.

Debat capres pertama akan berlangsung pada 17 Januari 2019. Tema yang diangkat adalah soal hukum, HAM (Hak Asasi Manusia), korupsi, serta terorisme. Untuk tema keempat debat berikutnya sudah diputuskan. Rencananya, penentuan tema akan dibahas setelah debat pertama usai.

www.tempo.co