JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Target Perluas Area Bebas Tikus, Gropyokan di Kesongo Mojolaban Berhasil Binasakan Ratusan Ekor

Sebagian tikus yang berhasil dibinasakan dalam gropyokan di Desa Tegalmade Mojolaban, Sukoharjo.
Sebagian tikus yang berhasil dibinasakan dalam gropyokan di Desa Tegalmade Mojolaban, Sukoharjo.

SUKOHARJO-Target memperluas area lahan bebas tikus di wilayah Sukoharjo menjadi fokus yang akan diwujudkan petani di Kabupaten Sukoharjo. Termasuk para petani di Kecamatan Mojolaban.

Salah satu langkah yang ditempuh adalah dengan menggelar gropyokan tikus. Sebagaimana dilaksanakan anggota Koramil 10 Mojolaban bersama Poktan Usaha Tani area Dukuh Kesongo, Desa Tegalmade Kecamatan Mojolaban.

Baca Juga :  Pabrik Kasur Busa di Jalan Ciu Sukoharjo Terbakar Hebat, Bau Menyengat Tercium dari Jarak Ratusan Meter

Ketua Gapoktan, Marmin, Selasa (29/1/2019) menjelaskan, muara dari gropyokan tikus adalah dalam rangka menyukseskan program ketahanan pangan wilayah. Kegiatan diikuti sekitar 40 orang.

“Petani merasa terbantu dengan adanya kegiatan gropyokan bareng ini. Sehingga pekerjaan menjadi ringan dan target areal bebas tikus menjadi luas,” kata dia.

Dalam gropyokan itu terkumpul tikus 250 ekor. Menurut dia, tikus di wilayah persawahan tersebut merupakan hama endemik yang senantiasa mengganggu tanaman padi. Hingga membuat gagal tumbuh maupun gagal panen.

Baca Juga :  Wajib Tahu Ini Ancaman Hukuman Pelaku Aksi Balap Lari Liar di Jalanan, Bisa Dipidana 18 Bulan Atau Denda 1,5 M

Hadir dalam acara tersebut Batituud Koramil 10 Mojolaban, Koordinator PPL Tanti, PPL Desa Tegalmade Kasidi, Babinkamtimas Tegalmade Bripka Rasimin, Babinsa Tegalmade Serda Suyono, Bayan Tegalmade Manto, dan petani. Aris Arianto