loading...
Loading...

JAKARTA, Joglosemarnews.com – Diduga terlibat diduga dalam kerusuhan di Jayapura dan beberapa wilayah lainnya di Papua, Ketua KNPB Mimika Steven Itlay ditangkap Polisi di Gerbang Universitas Cendrawasih Jayapura, Papua, Rabu (11/9/2019).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo mengatakan, Steven diduga terkoneksi dengan jaringan Benny Wenda.

“Dugaannya terkoneksi dengan BW (Benny Wenda). Kami sedang mendalami lebih lanjut peran yang bersangkutan,” ucap dia melalui pesan tertulis, Kamis (12/9/2019).

Baca Juga :  82,61 Persen Masyarakat Berharap Presiden Jokowi Tolak Revisi UU KPK

National Committee for West Papua atau Komite Nasional Papua Barat (KNPB) adalah sebuah kelompok masyarakat papua yang berkampanye untuk kemerdekaan Papua Barat.

Adapun Benny Wenda sebelumnya warga Papua, tetapi  kemudian meminta suaka ke Inggris pada 2003. Dia merupakan Ketua Gerakan Pembebasan Bersatu untuk Papua Barat atau United Liberation Movement for West Papua (ULMWP).

Baca Juga :  Viral Bocah ABG di Cianjur Bakar Sepeda Motor Sendiri karena Takut Saat Ditanya SIM dan STNK oleh Petugas

Polisi menduga, Steven menjalin komunikasi dengan Benny Wenda, yang dituduh pemerintah sebagai dalang aksi kerusuhan di Papua dan Papua Barat.

Sebelumnya, Steven pernah ditangkap polisi pada April 2016 dan dijadikan tersangka penganiayaan terhadap Kepala Kepolisian Resor Mimika Ajun Komisaris Besar Yustanto. Steven bebas pada 11 Februari 2017.

Baca Juga :  Sadis, 3 Remaja Ini Perkosa Perempuan 13 Tahun yang Baru Saja Dibunuhnya dengan Golok

Dalam kasus kerucuhan di Papua dan Papua Barat, polisi juga meringkus dua orang, yang diduga sebagai aktor intelektual, yakni FBK dan AG. Keduanya termasuk 96 orang yang telah ditetapkan menjadi tersangka.

www.tempo.co

Loading...