JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Terinspirasi Tayangan TV di Italia Soal Binatang Sirkus Hanya Makan Seminggu 2 Kali, Rektor UNS Bantu Jurug Solo Zoo

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Jamal Wiwoho, memberikan bantuan berupa uang tunai kepada Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Jurug Solo Zoo, Rabu (13/5/2020).. Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Jamal Wiwoho, memberikan bantuan berupa uang tunai kepada Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Jurug Solo Zoo, Rabu (13/5/2020). Pemberian bantuan tersebut ditujukan untuk kebutuhan pembelian pakan satwa di TSTJ.

Selama Kejadian Luar Biasa (KLB) Coronavirus Disease (Covid-19) Kota Surakarta, TSTJ mengambil keputusan untuk menutup aktivitas operasional dan kunjungannya dari pengunjung.

“Kami untuk KLB Covid-19 sudah tutup sejak 16 Maret kemarin kalau dihitung 16 Mei nanti kami sudah tutup selama 2 bulan. Kami sudah berkoordinasi pak walikota agar menerima bantuan dalam bentuk barang atau pakan,” ujar Direktur Utama (Dirut) TSTJ, Bimo Wahyu Widodo. saat membuka sambutannya.

Baca Juga :  Sekarang Parkir di Solo Grand Mall Hanya Rp 1 Saja, Syaratnya?

Dalam acara serah terima bantuan di ruang kantor pengelola TSTJ, Prof. Jamal turut didampingi oleh Wakil Rektor bidang Akademik UNS, Prof. Ahmad Yunus, Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Prof. Dr. rer. nat. Sajidan, dan Staf Ahli Rektor bidang Keuangan dan Manajemen, Dr. Muhtar.

“Saya terinspirasi dari tayangan televisi di Italia yang menampilkan sekitar 80 hewan untuk sirkus yang sudah tidak terurus. Hewan-hewan tersebut seminggu makan cuma dua kali,” ujar Prof. Jamal.

Lebih lanjut, Prof. Jamal mengatakan bila bantuan yang diberikan kepada Pengelola TST sudah didiskusikan dengan jajaran rektorat. Dengan adanya rasa empati yang tinggi maka Prof. Jamal bersama jajaran rektorat lainnya segera merealisasikan pemberian bantuan untuk pembelian pakan satwa di TSTJ. Pemberian bantuan kepada pihak pengelola TSTJ tentunya juga sesuai dengan program ‘Green Campus’ UNS dan UNS Peduli Covid-19.

Baca Juga :  Polresta Surakarta Tangkap Pelaku Penembakan Mobil Mewah. Diamankan di Ruang Agen Bus Saat Akan Melarikan Diri ke Bekasi

Usai memberikan sambutannya, Prof. Jamal menyerahkan bukti pemberian bantuan kepada Pengelola TSTJ yang diterima langsung oleh Dirut TSTJ, Bimo Wahyu Widodo.

“Untuk itu dalam kesempatan kali ini perkenankan saya mewakili pimpinan UNS untuk menyerahkan bukti atas transfer bantuan itu,” lanjutnya. Prihatsari