JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Gunung Merapi Mengalami Penggembungan Hingga 21 Sentimeter Per Hari

Penampakan Gunung Merapi Desa Candibinangun, Pakem dan Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Sabtu (28/11/2020) / tribunnews
ย ย ย 

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Gunung Merapi mengalami deformasi, atau penggembungan permukaan tubuh sebesar 21 sentimeter per harinya (rata-rata 3 hari).

Angka tersebut meningkat dibanding sehari sebelumnya yang hanya sebesar 18 sentimeter per hari dan beberapa minggu terakhir, sekitar 9-14 sentimeter per hari.

Demikian catatan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pada Jumat (1/1/2021) pukul 00.00-24.00 WIB.

“Laju rata-rata deformasi melalui pemantauan electronic distance measurement (EDM) Babadan sebesar 21 cm/hari (dalam 3 hari),” ujar Kepala BPPTKG, Hanik Humaida melalui laporan resminya, Sabtu (2/1/2021).

Baca Juga :  Catat! 5 Kali Kaesang Tegaskan Erina Gudono Tak Maju di Pilkada Sleman 2024

Sementara itu, kegempaan Gunung Merapi yang terjadi dalam periode Jumat kemarin di antaranya 108 gempa guguran, 1 gempa low frequency, 378 gempa hybrid/fase banyak, 126 gempa vulkanik dangkal, dan 115 gempa hembusan.

“Terdengar suara guguran sebanyak 15 kali dari pos pengamatan Gunung Merapi (PGM) Babadan dengan intensitas sedang hingga keras. Teramati 1 kali guguran dari Babadan dengan jarak luncur 1,5 km ke arah Kali Lamat pada pukul 15.56 WIB,” tambah Hanik.

Dilaporkan pula asap berwarna putih, intensitas sedang hingga tebal dengan ketinggian 450 m di atas puncak.

Baca Juga :  Diduga Hendak Berbuat Kriminal, Remaja Yogya Ini Panik dan Lari Tinggalkan Motor Begitu Saja

Sebelumnya, Hanik mengungkapkan, meningkatnya deformasi dan seismisitas menandakan adanya aktivitas magma di dalam tubuh Gunung Merapi, yang semakin menuju ke permukaan.

Hanik menambahkan, sampai saat ini probabilitas erupsi Gunung Merapi masih tinggi berdasarkan tingginya data seismik dan deformasi yang ada serta morfologi yang ada di puncak.

Hingga kini, status aktivitas Gunung Merapi masih ditetapkan dalam tingkat siaga (level III).

“Potensi bahaya saat ini masih sama yakni berupa guguran lava, lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif, dan awan panas sejauh maksimal 5 km,” tandasnya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com