JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Hormati Perayaan Nyepi di Bali, Bandara Ngurah Rai Tutup 24 Jam. Sebanyak 84 Penerbangan Dihentikan, Mesin ATM Dimatikan, dan Tol Mandara Ditutup

Ilustrasi suasana bandara dengan orang-orang yang hendak melakukan perjalanan. Foto: pixabay.com

DENPASAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Masyarakat Bali akan memperingati Hari Raya Nyepi pada Minggu (14/3/2021) besok. Sebagai bentuk penghormatan terhadap umat Hindu yang melaksanakan Nyepi, Bandara Internasional Ngurah Rai akan ditutup selama 24 jam.

PT Angkasa Pura I (Persero) akan menghentikan aktivitas Bandara Ngurah Rai mulai Minggu (14/3/2021) pukul 06.00 WITA hingga Senin (15/3/2021) pukul 06.00 WITA. Akibatnya, sebanyak 84 penerbangan yang melewati rute bandara di Bali dihentikan.

“Koordinasi telah dilaksanakan dengan berbagai stakeholder terkait, utamanya dengan maskapai penerbangan,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/3/2021).

Faik memastikan maskapai akan melakukan penyesuaian dengan tidak melakukan penjualan tiket penerbangan untuk rute dari dan menuju Bali selama Nyepi.

Meski tidak ada penerbangan internasional menuju Bali lantaran pandemi, pihak otoritas penerbangan tetap memberikan informasi kepada maskapai di seluruh dunia. Ia mengatakan bandara akan tetap melayani penerbangan yang bersifat darurat.

Baca Juga :  Menko Airlangga Ajak Masyarakat Berdoa Agar Ekonomi Segera Bangkit

Berdasarkan data yang dihimpun pihak bandara, dari 84 penerbangan, sebanyak 41 jadwal merupakan penerbangan kedatangan dan 43 lainnya adalah penerbangan keberangkatan.

Mesin ATM Dimatikan

Sementara itu, demi menghormati umat Hindu di Bali yang tengah melaksanakan Nyepi, seluruh perangkat layanan mesin Anjungan Tunai Mandiri alias ATM di Pulau Dewata juga akan dinonaktifkan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho mengatakan, transaksi yang menggunakan mesin ATM di Provinsi Bali akan berhenti beroperasi untuk sementara mulai Sabtu (13/3/2021) pukul 12.00 WTA.

“Penonaktifan mesin ATM untuk memperingati kesucian Hari Nyepi Tahun Baru Caka 1943 yang jatuh pada Minggu, 14 Maret 2021,” kata Trisno Nugroho di Denpasar, Kamis (11/3/2021).

Baca Juga :  Kesiapan Pemerintah Tangani Covid-19 Menjelang, Selama dan Pasca Libur Lebaran 2021

Layanan mesin ATM, menurut Trisno, akan kembali beroperasi seperti biasa mulai Senin (15/3/2021) pukul 07.00 WITA.

Sementara untuk layanan transaksi elektronik lainnya, seperti mobile banking, internet banking, dan SMS banking, tetap beroperasi seperti biasa sepanjang ditunjang dengan sarana internet yang memadai.

Trisno mengingatkan agar masyarakat, terutama wisatawan yang belum mengetahui ketentuan di Bali ini agar dapat melakukan transaksi sebelum layanan mesin ATM dinonaktifkan. Atau dapat juga memanfaatkan sarana transaksi digital lainnya.

Langkah menghormati perayaan Nyepi juga dilakukan PT Jasamarga Bali Tol I dengan menutup jalur tol Bali Mandara selama 32 jam, yakni mulai Sabtu (13/3/2021) malam pukul 23.00 WITA hingga Senin (15/3/2021) pagi pukul 07.00 WITA.

www.tempo.co