JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah

Jumlah Korban Tewas Dampak Erupsi Semeru Jadi 29 Orang

Gunung Semeru erupsi. Twitter

JAKARTA,JOGLOSEMARNEWS.COM – Dari semula hanya 14 orang, hingga Selasa (7/12/2021) ternyata korban tewas akiat terdampak erupsi Gunung Semeru  bertambah menjadi 29 orang.

“Hari ini tim masih terus melakukan pencarian di beberapa lokasi,” kata Manager Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Jawa Timur, Dino Andalananto, Kamis (7/12/2021).

Pencarian korban hari ini, kata dia, dilakukan oleh tiga tim. Tim pertama mencari di Desa Kajar Kuning dan Curah Kobokan.

Baca Juga :  Gunung Semeru Kembali Erupsi, Warga Diimbau Waspada

Sedangkan tim kedua mencari di Tambang Pasir H. Satuhan, dan tim terakhir mencari di Desa Kebondeli dan Kampung Renteng. Personel yang melakukan pencarian mulai dari BPBD, TNI-Polri, hingga instansi pemerintah dan relawan.

Sejauh ini, kata dia, proses pencarian tidak mengalami kendala selain cuaca dan aktivitas Semeru. Pencarian akan dihentikan sementara jika aktivitas Semeru dianggap membahayakan karena masih mengeluarkan awan panas guguran.

“Tapi sejak tadi pagi sampai siang ini cuacanya bagus. Kami berharap ke depan cuacanya juga bagus seperti hari ini, sehingga pencarian bisa terus dilakukan.”

Baca Juga :  Pasrah Bongkokan, Salah Satu Pentolan Teroris ISIS di Poso Serahkan Diri ke Polisi. Pernah Dibaiat Pimpinan ISIS dan Ikut Pelatihan

Selain korban meninggal, BPBD Jatim mencatat 100 orang mengalami luka ringan dan 69 orang luka berat. Hingga hari ini, BPBD juga masih menghimpun data laporan orang hilang imbas terjangan awan panas Semeru.

“Korban hilang masih pendataan dan cek validitasnya,” ujarnya.

www.tempo.co

Bagi Halaman