JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

30 Orang Luka Gegara Banjir Bandang Sungai Gandong Desa Pelem Purwosari Bojonegoro, Fakta ini yang Sesungguhnya Terjadi

Simulasi Bencana
Simulasi penanganan bencana di Desa Pelem Purwosari Bojonegoro Jatim. Dok. PEPC

BOJONEGORO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sedikitnya 30 orang mengalami luka berat dan luka ringan. Ini terjadi akibat terseret banjir bandang yang berasal dari sungai Gandong yang menerjang Desa Pelem Purwosari Bojonegoro Jatim.

Dari jumlah tersebut lima orang di antaranya mengalami patah tulang tangan. Sedangkan tiga orang mengalami patah tulang selangka dan 1 orang lagi terpaksa harus dilakukan pembedahan oleh tim evakuasi medis yang dibantu oleh tim evakuasi lainnya lantaran kondisinya cukup serius.

Bukan hanya itu, selain dilanda banjir, terjadi kebakaran juga yang melalap beberapa rumah warga akibat korsleting listrik.

Hujan disertai gemuruh petir yang mendera wilayah setempat sejak Senin pagi hingga sore hari menyebabkan banjir bandang dan menerjang pemukiman warga. Sementara, warga yang selama ini tidak pernah menyangka akan adanya banjir menjadi kebingungan, terlebih dengan adanya sebagian warga yang mengalami luka ringan hingga luka berat.

Baca Juga :  Gunung Semeru Meletus, Jepang Ketar-ketir Bakal Terdampak Tsunami, Ini Penjelasan Pakar

Beruntung atas kesigapan 14 personil yang terdiri dari tujuh perawat dan tujuh relawan SAR, korban dapat segera dievakuasi untuk diberikan pertolongan dan perawatan.

Usut punya usut peristiwa tersebut merupakan bagian dari simulasi bencana, Kamis (6/1/2022). Pelatihan ini melibatkan lebih dari 200 orang yang terdiri dari masyarakat, linmas, tokoh masyarakat, tokoh agama dan karang taruna.

Simulasi ini dalam upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat akan kewaspadaan terjadinya bencana. PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 (JTB) Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina menggelar simulasi pelatihan Rintisan Desa Siaga Bencana. Kegiatan ini kerjasama PEPC dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Paratazkia yang ada di Desa Pelem Purwosari, Bojonegoro.

Baca Juga :  Erupsi Gunung Semeru Paksa 1.979 Warga Mengungsi ke Tempat Lebih Aman

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman, kesadaran tentang bahaya dan risiko bencana. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menciptakan simpul-simpul siaga bencana yang berbasis masyarakat. Dalam pelaksanaan simulasi ini juga melibatkan HSSE PEPC JTB, BPBD Bojonegoro, Damkar Bojonegoro, Dinas Kesehatan Bojonegoro, TNI/ Polri, Taruna Siaga Bencana serta masyarakat. Protokol kesehatan yang ketat diterapkan sepanjang kegiatan pelatihan kesiapsiagaan bencana ini dilaksanakan.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com