JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Jadi Titik Kemacetan Terparah di Solo, Persimpangan Kereta Api Pasar Nongko Akan Dilebarkan, Target Rampung Sebelum Mei 2023

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka saat meninjau lalu lintas di persimpangan Pasar Nongko / Foto: Ando
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Usai meninjau salah satu titik kemacetan di Jalan Hasanudin hingga persimpangan kereta api Pasar Nongko, Rabu (22/2/2023) kemarin, Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka bersama Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) dan Dinas Perhubungan merencanakan untuk memperlebar jalan di Pasar Nongko.

Pengerjaan pelebaran jalan Pasar Nongko itu  ditargetkan dapat selesai sebelum gelaran Piala Dunia U-20 yang berlangsung pada Mei 2023.

“Tujuan pelebaran utamanya karena kemacetannya belum terurai. Kita mau menyelesaikan itu dulu biar ndang rampung. Ini belum terurai bayangna wae. Pak Taufiq (Dinas Perhubungan) tadi bilang sebelum Piala Dunia. Selesai bulan ini mulai tinggal motong-motong,” ujar Gibran.

Baca Juga :  Kasus Catering di Solo Kena Tipu Hampir 1 Miliar, Ternyata Menantu Tipu Mertua dan Istrinya Sendiri
Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka berencana memperlebar jalan di persimpangan Pasar Nongko karena menjadi salah satu titik kemacetan parah di Solo / Foto: Ando

Mengenai pelebaran jalan tersebut, jelas Gibran, ia akan melakukan sosialisasi ke masyarakat bersama PT Kereta Api Indonesia, pemerintah kecamatan dan pemerintah desa.

“Sosialisasinya nanti sama KAI, camat dan lurah. Ini kemacetannya parah termasuk terparah di Solo. Ini lagi digambar pokoke rampung cepat,” tukasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo, Taufiq Muhammad mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan survei terkait rencana pelebaran jalan tersebut. Ia belum bisa memastikan berapa lebar jalan yang akan disasar.

“Kalau berapa meternya tadi belum final. Dari survei tadi baru ada tindak lanjut dengan desain. Karena tadi di lapangan masih banyak diskusi,” terang Taufiq saat dikonfirmasi

Baca Juga :  Gerak Cepat, Gibran Akan Temui Tokoh-tokoh Usai Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres di KPU Besok

Taufiq mengatakan saat ini rencana pelebaran jalan ini masih di tahap desain. Sebab Jalan Hasanudin area Pasar Nongko saat ini menjadi rute lalu lintas terpadat semenjak Viaduk Gilingan tutup.

“Karena saat ini menjadi titik pengalihan arus kendaraan selama Viaduk Gilingan tutup. Dan ini juga untuk persiapan Manahan sebagai tuan rumah final Piala Dunia. Maka salah satu syarat jalan akses menuju Manahan harus lancar,” paparnya.

Guna memperlancar akses saat final Piala Dunia U-20. Maka ia menargetkan proyek ini selesai sebelum Mei 2023.

“Persimpangan kereta api Pasar Nongko harus tertata. Target sebelum Mei selesai. Ini masih finalisasi desain,” tukasnya. Ando

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com