JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Jessica, Pendaki Lawu Asal Semarang Ditemukan Ambruk Tak Sadarkan Diri di Pos 4 Jalur Pendakian Cetho. Relawan Dikerahkan Evakuasi Korban di Tengah Hujan

Tim Relawan Cetho saat mengevakuasi Jessica, pendaki Lawu yang ditemukan pingsan di Pos 4. Foto/Istimewa

loading...
Tim Relawan Cetho saat mengevakuasi Jessica, pendaki Lawu yang ditemukan pingsan di Pos 4. Foto/Istimewa

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Jessica P, pendaki asal Semarang, ditemukan mendadak pingsan saat melakukan pendakian ke Gunung Lawu, di Karanganyar. Perempuan itu bahkan terpaksa harus dievakuasi dari pos 4 pendakian Gunung Lawu.

Diduga kuat, ia dalam kondisi tidak fit dan penyakit maagnya kambuh. Insiden tragis itu terjadi Sabtu (22/02/2020) malam sekitar pukul 20.30 WIB.

Informasi yang dihimpun di lapangan, Jessica sempat tidak sadarkan diri. Mengetahui Jessica tidak sadarkan diri, rekan Jessica kemudian melapor ke para Relawan Cetho (Recho) yang siaga di posko induk pendakian melalui jalur Candi Cetho.

Baca Juga :  Pecah Lagi, 2 PNS Asal Karanganyar Dinyatakan Positif Terpapar Covid-19. Dari Jaten dan Karanganyar Kota, Jadi Kasus Baru Setelah Sepekan Lebih Zero Positif 

Menurut keterangan Dewangga, salah satu relawan Recho, Minggu (23/02/2020), insiden bermula ketika korban mendaki bersama 12 orang temannya. Mereka berangkat melakukan pendakian melalui jaur Candi Cetho pada hari Sabtu (22/02/2020) kemarin.

Pada malam harinya, sekitar pukul 20.50 Wib, mendadak Jessica mengeluh sakit dan tak kuat melanjutkan pendakian. Sesaat kemudian ia ambruk tak sadarkan diri di pos 4.

Tim relawan yang menerima laporan dari dua orang pendaki rekan Jessica, langsung menerjunkan tim reaksi cepat (TRC) untuk melakukan pemeriksaan terhadap kondisi Jessica.

Karena kondisi yang tidak memungkinkan, tim URC lantas meminta tambahan personil untuk melakukan evakuasi terhadap Jessica.

Baca Juga :  Sambut New Normal, Bupati Karanganyar Serukan Semua Kades Buka Akses Jalan!

“Kita menerima laporan dari rombongan pendaki jika salah satu rekannya tidak sadarkan diri. Kita langung menurunkan TRC. Proses evakuasi sempat mengalami kendala mengingat kondisi saat itu hujan dengan intesitas sedang serta jalan yang licin,” ujarnya, Minggu (23/02/2020).

Setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang, akhirnya tim bersama rombongan pendaki tiba di posko induk. Kemudian tim langsung membawa Jessica ke Puskesmas Ngargoyoso untuk dilakukan penanganan medis.

“Saat ini masih ditangani tim dokter Puskesmas Ngargoyoso. Jessica juga sudah sadar,” tandasnya. Wardoyo