JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Kepatuhan Pengunjung dan Pedagang Pasar Beringharjo pada Protokol Kesehatan Masih Rendah

Suasana di Pasar Beringharjo, Yogyakarta / tribunnews

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tingkat kesadaran dan kepatuhan pengunjung dan pedagang di Pasar Beringharjo Yogyakarta terhadap protokol kesehatan dinilai masih rendah.

Hal itu menjadi perhatian utama bagi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Yogyakarta.

Kepala Seksi Pengembangan Pasar, Disperindag kota Yogyakarta, Agung Dini Wahyudi mengatakan saat ini pihaknya tetap memantau jalannya protokol kesehatan khususnya di pasar Beringharjo.

Baca Juga :  4 Anggota Dewan Positif Covid-19, Kompleks DPRD Yogyakarta Ditutup untuk Sterilisasi

“Secara spesifik untuk kebijakan baru menanggapi kasus di Malioboro belum dilakukan. Peraturan masih tetap pada kebijakan yang lama namun pemantauan kedisipilinan semakin masif dilakukan,” ujarnya, Kamis (10/9/2020).

Ia menambahkan, kendala di lapangan selama pelonggaran aktivitas berasal dari kurang disiplinnya pengunjung maupun pedagang.

Masih banyak pengunjung maupun pedagang yang tidak mentaati peraturan protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan jaga jarak.

Baca Juga :  Pelanggar Protokol Kesehatan di Yogyakarta Bisa Pilih Sendiri Hukumannya, Mulai dari Push-up, Menyapu Jalan, hingga Denda

Sehingga pihaknya pun, melakukan pengawasan melalui radio pengingat.

Melalui radio tersebut, akan memberikan pesan suara apabila terjadi kondisi tidak kondusif di pasar Beringharjo.

“Selain, radio pengingat. Petugas keamanan dan ketertiban pasar Beringharjo pun akan lebih aktif untuk lakukan pendisiplinan kepada pengunjung maupun pedagang yang tidak mentaati peraturan,” pungkasnya.

www.tribunnews.com