JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Diciduk KPK, Segini Harta Edhy Prabowo saat Diangkat Jadi Menteri Kelautan dan Perikanan

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo memberikan keterangan saat menghadiri open house yang digelar di rumah dinas Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat Natal, di Jakarta Selatan, Rabu (25/12/2019) / tempo.co
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Lembaga antirasuah, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo, Rabu (25/11/2020) di Bandara Soekarno-Hatta sepulang dari lawatan ke Amerika Serikat.

Edhy disebut ditangkap terkait dugaan suap ekspor benih lobster. Tak hanya sendiri, KPK dilaporkan menahan hingga 16 orang lainnya, termasuk istri Edhy Prabowo dan sejumlah pejabat KKP. “Benar, kami mengamankan sejumlah orang,” kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango, Rabu (25/11/2020).

Tersandung kasus korupsi, berapa sebenarnya harta kekayaan Edhy Prabowo?

Menurut data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Edhy Prabowo melaporkan hartanya pada 31 Maret 2019 saat baru masuk menjabat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. Dalam laporan tersebut total kekayaannya mencapai Rp 7,422 miliar.

Baca Juga :  PPP dan TPN Ganjar-Mahfud Ajukan Gugatan PHPU di MK Hampir Bersamaan

Hartanya didominasi oleh kepemilikan tanah dan bangunan, yakni sekitar Rp4,349 miliar. Selain itu juga ada alat transportasi, harta bergerak lainnya, serta kas dan setara kas.

Untuk kepemilikan tanah, total ada sepuluh bidang tanah yang dimiliki Edhy Prabowo yang tersebar di Muara Enim, Sumatera Selatan dan Bandung Barat.

Dia tercatat memiliki tanah seluas 104.307 meter persegi di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan senilai Rp1,93 miliar.

Selain itu, Edhy Prabowo juga memiliki tanah dan bangunan seluas 462 meter persegi di Bandung senilai Rp1,35 miliar, tanah di Bandung Barat senilai Rp659 juta, serta tanah dan bangunan di Bandung Barat senilai Rp400 juta.

Baca Juga :  Prabowo Bertemu Surya Paloh di Nasdem Tower, Anies: Bukan Hal yang Luar Biasa

Dalam laporan harta kekayaannya, Edhy menuliskan memiliki dua unit mobil Mitsubishi Pajero Sport, masing-masing keluaran tahun 2011 senilai Rp270 juta dan tahun 2017 senilai Rp500 juta.

Selain itu juga ada dua unit sepeda motor, yakni Yamaha RX King senilai Rp4 juta dan Honda Beat Rp6 juta.

Dia juga melaporkan kepemilikan sebuah sepeda BMC senilai Rp65 juta dan mesin Honda Genset Rp45 juta. Total alat transportasi yang dimiliki Edhy adalah sekitar Rp890 juta.

Adapun total nilai harta bergerak milik Edhy Prabowo mencapai Rp1,92 miliar dan ia memiliki kas atau setara kas sejumlah Rp256 juta. Sehingga total harta kekayaan yang dilaporkan Edhy senilai Rp7,422 miliar.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com