JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Ini Resep Lengkap Soto Ayam Kampung Kwali Si yang Raih Juara Lomba Masak HUT Sragen

Resep Soto Ayam Kampung Kwali Si juara Lomba Masak HUT Sragen 2022. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Masakan soto racikan Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen, Tatag Prabawanto dan istri, Ny Damai Tatag Prabawanto sukses menyabet juara dalam Lomba Masak memeriahkan HUT ke-276 Kabupaten Sragen.

Istri Sekda, Ny Damai pun mengungkap rahasia dan kunci kemenangannya dalam lomba memasak bergengsi antar OPD di Sragen itu.

“Kuncinya yakin pada diri sendiri. Yakin dengan apa yang sdh dilakukan memasak rumahan di setiap hari. Udah itu aja,” ujarnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , seusai lomba, Kamis (12/5/2022).

Ny Damai menyampaikan resep masakan soto ayam kampung yang diberi nama Soto Kwali Si itu, berasal turun temurun dari ibunya.

Resep warisan dari leluhurnya itu memang punya citarasa khas yang membedakan dari soto lainnya.

“Resepnya turun temurun dari ibu,” tuturnya.

Dari resep yang dibeberkan kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Soto Kwali Si dibuat dari bahan utama setengah ekor ayam kampung yang gemuk.

Baca Juga :  SMPN 3 Sragen Perpanjang Rekor Buruk, Jadi Satu-Satunya SMPN di Kota yang Gagal Penuhi Kuota Siswa Baru. Ada Apa Gerangan?

Kemudian 2 lembar daun salam, 2 lembar batang sereh, 3 lembar daun jeruk, 2 lembar daun bawang dan 4 batang seledri.

Adapun bumbunya meliputi 5 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, setengah sendok teh merica, 2 ruas jahe, 2 ruas lengkuas, 2 ruas kunyit, 4 butir kemiri sangrai, setengah sendok teh gula pasir, 2 sdt garam, jinten dan minyak goreng secukupnya.

Sementara bahan tambahannya meliputi soun, tauge, bawang goreng, jeruk nipis, telur rebus, kecap manis dan cabe rawit.

Soto ayam kampung Kwali Si racikan dari Sekda itu meraih sukses dengan menyingkirkan puluhan masakan serupa racikan berbagai pejabat dan perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) yang ambil bagian dalam lomba tersebut.

Sekda Sragen, Tatag Prabawanto dan sang istri saat menunjukkan hadiah sebagai juara pertama Lomba Memasak Soto Khas memeriahkan HUT ke-276 Sragen, Kamis (12/5/2022). Foto/Wardoyo

Soto tersebut juga menyingkirkan soto hasil masakan Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Wakil Bupati, Suroto.

Wabup sendiri harus puas menduduki runner up dalam lomba masak dengan menu khas soto-sotoan itu.

Ketua Panitia Lomba Masak HUT Sragen, Hargiyanto mengatakan total ada 51 peserta yang tampil dalam lomba tersebut.

Baca Juga :  Tersinggung Ucapan Bupati, Anggota DPRD Sragen Bambang Pur Balik Sentil: Jangan Nyari Menang Sendiri!

Mereka terdiri dari perwakilan semua OPD, kecamatan ditambah unsur Bupati, Wabup dan Sekda yang berpartisipasi sebagai peserta kehormatan.

Lomba masak itu digelar khusus untuk jenis masakan aneka soto. Setiap peserta boleh membawa pendamping atau tim. Sehingga satu tim bisa terdiri dari dua orang atau lebih.

“Tujuannya menyemarakkan HUT Sragen. Kemudian melestarikan resep soto sebagai masakan tradisional dan memperkaya citarasa soto sebagai salah satu masakan khas di Sragen,” terangnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (12/5/2022).

Hargiyanto yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen menyampaikan dari hasil penjurian, soto hasil karya Sekda Sragen tampil sebagai juara pertama.

Disusul kemudian soto masakan Wabup Suroto dan juara ketiga diraih delegasi dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, Pertanahan, dan Tata Ruang (Disperkimtaru).

“Sangat seru, antusiasme peserta sangat tinggi. Total ada 51 tim yang ikut,” ujarnya. Wardoyo

Bagi Halaman