JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Hasil Pantauan Dinas dan Satwasker Pagar Batas Mesin Terlalu Pendek, Buntut Korban Tewas Pabrik Kertas Wonokerto Wonogiri

Sementara itu diketahui bahwa korban kecelakaan kerja Senin lalu yakni Sumingkir diketahui belum diikutkan BPJS Ketenagakerjaan oleh PT PPI. Selain itu, sejumlah karyawan di perusahaan itu juga belum diikutkan BPJS Ketenagakerjaan.

Terkait hal itu, Muslih mengatakan seluruh karyawan harus diikutkan ke BPJS Ketenagakerjaan. Jika tidak, pihaknya bisa melakukan langkah tegas dan berkoordinasi dengan pihak terkait. Kejadian kecelakaan kerja beberapa hari belakangan ini juga harusnya menjadi pembelajaran bagi perusahaan.

“Korban yang kecelakaan kerja kemarin memang belum didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan. Kalau beberapa bulan lalu kan juga ada kecelakaan kerja disana, kkrban yang itu sudah didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan,” papar Muhlis.

Baca Juga :  581 Anak Putus Sekolah, Ternyata Bukan Gegara Ekonomi

Lalu bagaimana terkait hak Sumingkir yang menjadi korban kecelakaan kerja dan belum diikutsertakan BPJS Ketenagakerjaan? Informasi yang didapatkan dari sumber, hal itu sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

Di pasal 27 PP itu disebutkan ‘Pemberi Kerja selain penyelenggara negara yang belum mengikutsertakan Pekerjanya dalam program JKM kepada BPJS Ketenagakerjaan, bila terjadi resiko terhadap Pekerjanya, Pemberi Kerja selain penyelenggara negara wajib membayar hak Pekerja sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah ini’.

Baca Juga :  Cara Mengolah Makanan Buat si Kecil yang Susah Mamam

Sementara itu, pihak keamanan PT PPI melarang wartawan yang memasuki area perusahaan untuk melaksanakan kerja jurnalistik meskipun datang berbarengan dengan rombongan Disnaker Wonogiri. Petugas menyampaikan pesan manajemen bahwa wartawan tidak diberi izin masuk saat kunjungan Disnaker dan Satwasker kesana. Aris Arianto

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com