JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

SD Muhammadiyah 1 Ketelan Ajarkan Kepedulian Lewat Parade Dongeng Kebaikan

Acara dilanjutkan dengan mendongeng oleh Kak Rachmat dari Istana Dongeng Nusantara. Gaya penyampaian dongeng yang sangat komunikatif diselingi dengan nyanyian, tarian, dan gerakan-gerakan unik membuat siswa semakin antusias mengikuti kegiatan ini di akhiri pendongeng Kak Amar.

Rachmat Agung Cahyo atau lebih dikenal Kak Rachmat memberikan tausiah tentang kewajiban kita terhadap Al-Qur’an, di antaranya adalah bagaimana mengimani, membaca, memahami, mengamalkan dan mengajarkannya.

Tausiyah tersebut dikemas dalam cerita. Ia mengambil tokoh bernama Sari, boneka dongeng lucu yang menemani kak rachmat bercerita. Dengan alur cerita Sari anak sholihah yang pergi beritikaf ke masjid berusaha untuk mendapatkan malam lailatul bersama adiknya.

Baca Juga :  Soroti Kebijakan Pengembangan Potensi Daerah di Indonesia, Prof Winarti Dikukuhkan Jadi Guru Besar Unisri Solo

“Menyampaikan pelajaran kepada anak yang dikemas dengan cara yang menarik dengan metodologi cerita dan keteladanan dari tokoh cerita, diharapkan pesan lebih melekat pada ingatan anak, karena anak-anak tidak hanya melihat pesan apa yang disampaikan, tetapi juga cara kita dalam menyampaikan pesan moral kepada anak menentukan pesan itu diterima atau tidak,” ujar Rachmat.

Baca Juga :  Ini Jawaban MWA Atas Aksi Protes Mahasiswa FKOR UNS

Sementara itu, Direktur Lazismu Solo Reynal Falah, Program ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat bersedekah pada siswa serta memiliki kepedulian pada sesama.

“Melatih siswa rajin berderma, sebagai bagian pendidikan karakter, aplikasi nilai keislaman sejak dini, dan meneladani kisah perjuangan KH. Ahmad Dahlan ketika awal-awal mendirikan Persyarikatan Muhammadiyah,” kata Reynal. Triawati PP

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com